Kusuma, Kusuma (2019) Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Ukuran Perusahaan terhadap Keputusan transfer pricing perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017 / Dharani Kusuma / 30150303 / Pembimbing : Hanif Ismail. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
COVER.docx - Accepted Version Download (31kB) |
||
|
Image
SCAN PENGESAHAN.jpg - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK Ind.docx - Accepted Version Download (28kB) |
||
Text
ABSTRAK Ing.docx - Accepted Version Download (29kB) |
||
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (14kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (19kB) |
||
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (53kB) |
||
Text
BAB II.docx - Accepted Version Download (79kB) |
||
Text
BAB III.docx - Accepted Version Download (39kB) |
||
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (17kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (22kB) |
||
Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Image
SCAN ORIGINALITAS.jpg - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Transfer pricing dapat muncul pada perusahaan yang ukurannya relatif besar dan bertujuan untuk memaksimalkan laba. Transfer pricing ini dapat terjadi apabila adanya transaksi barang atau jasa antar wajib pajak yang memiliki hubungan istimewa. Aktivitas transfer pricing yang dilakukan oleh perusahaan multinasional akan mempengaruhi tingkat penerimaan negara dari sisi pajak baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada penelitian ini variabel pajak diproksikan dengan ETR, variabel tunneling incentive diproksikan dengan persentasi kepemilikan anak di luar negeri yang memiliki tarif pajak yang lebih rendah daripada Indonesia, dan variabel ukuran perusahaan diproksikan dengan hasil logaritma natural dari total aset. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, tunneling incentive, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan transfer pricing. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor manufakur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2017 yang berjumlah 13 perusahaan.Jumlah data yang diperoleh sebanyak 65 data. Sampel data diperoleh dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel pajak memiliki nilai sig 0,345 > 0,1 dan nilai B -0,214. Nilai sig dari variabel tunneling incentive sebesar 0,080 < 0,1 dengan nilai B 0,904 dan nilai sig dari variabel ukuran perusahaan adalah sebesar 0,091 < 0,1 dengan nilai B -4,514. Serta nilai dari Negelkerke square adalah 0,786. Dari hasil uji yang telah dilakukan dengan aplikasi SPSS dapat disimpulkan bahwa pajak tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan tunneling incentive memiliki pengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing. Koefisien determinasi menunjukan bahwa Pajak, Tunneling Incentive, dan Ukuran Perusahaan mempunyai kontribusi sebesar 78,6 %. Sedangkan sisanya yaitu 21,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi Pajak; Pajak dan Perpajakan; Transfer Pricing |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:20 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/494 |
Actions (login required)
View Item |