Djohari, Mega Wibawati (2019) Pengaruh Efektivitas Sosialisasi PP No. 23 Tahun 2018 dan Rasa Tanggung Jawab Bernegara Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Jakarta Sunter / Mega Wibawati Djohari / 31150023 / Pembimbing : Hanif Ismail. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
COVER.docx - Accepted Version Download (46kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Download (824kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (35kB) |
|
Text
BAB II.docx - Accepted Version Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx - Accepted Version Download (45kB) |
|
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SURAT ORIGINALITAS.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pajak merupakan penerimaan Negara dengan jumlah yang cukup besar, sehingga pemerintah berharap agar seluruh Wajib Pajaknya dapat mematuhi kewajiban perpajakannya. Selain itu diterbitkan PP No. 23 Tahun 2018 dengan tarif rendah, supaya menarik perhatian Wajib Pajak untuk membayar pajaknya, terlebih Wajib Pajak UMKM. Dengan adanya peraturan terbaru, dibutuhkan sosialisasi agar Wajib Pajak mengetahuinya. Di dalam penelitian ini menggunakan teori taksonomi bloom dan teori planned of behavior. Efektivitas sosialisasi PP No. 23 Tahun 2018 dan Rasa Tanggung Jawab Bernegara merupakan contoh yang dapat mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak. Efektivitas sosialisasi adalah tanggapan dari masyarakat mengenai hasil dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Sedangkan rasa tanggung jawab bernegara adalah suatu rasa bela negara yang dilakukan melalui kewajiban perpajakan. Objek penelitian disini adalah Wajib Pajak UMKM dengan teknik pengambilan sampel memakai teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Populasi di penelitian ini adalah Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Jakarta Sunter dengan pengambilan sampel sebanyak 100 orang responden yang kemudian dibagi dua menjadi 30 orang responden untuk pra kuesioner dan 70 orang untuk kuesioner. Penelitian ini melakukan analisis data dibantu dengan program IBM SPSS untuk menguji validitas dan reliabilitas masing-masing variabel dan pengujian hipotesis dilakukan melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian berdasarkan uji t (parsial) dengan menggunakan tingkat signifikasi sebesar 5% (0,05) menunjukan bahwa variabel efektivitas sosialisasi PP No. 23 dengan nilai 0,000 yang berarti variabel efektivitas sosialisasi berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Variabel rasa tanggung jawab bernegara memiliki nilai 0,064 yang berarti variabel rasa tanggung jawab bernegara tidak memiliki cukup bukti berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah efektivitas sosialisasi PP No. 23 Tahun 2018 berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM, dan rasa tanggung jawab bernegara tidak terbukti berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pajak dan Perpajakan; Wajib pajak; Pajak Penghasilan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:40 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:40 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |