Mamesah, Jireh Benyamin Putra (2019) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan OVO Sebagai Alat Pembayaran / Jireh Benyamin Putra Mamesah / 74150345 / Pembimbing : Abdullah Rakhman. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
Judul.docx - Accepted Version Download (178kB) |
|
Text
Pengesahan.docx - Accepted Version Download (13kB) |
|
Text
Abstrak (Indo & Ing).docx - Accepted Version Download (14kB) |
|
Text
Kata Pengantar.docx - Accepted Version Download (14kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx - Accepted Version Download (14kB) |
|
Text
Daftar Tabel.docx - Accepted Version Download (13kB) |
|
Text
Bab I.docx - Accepted Version Download (129kB) |
|
Text
Bab II.docx - Accepted Version Download (62kB) |
|
Text
Bab III.docx - Accepted Version Download (24kB) |
|
Text
Bab IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
Bab V.docx - Accepted Version Download (16kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
Text
Lampiran.docx - Accepted Version Download (561kB) |
|
Text
Originalitas.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
|
Text
Resume.docx - Accepted Version Download (41kB) |
Abstract
E-money adalah alat pembayaran tanpa menggunakan uang tunai, dimana banyak perusahaan start-up mulai menekuni di industri ini. Dalam beberapa tahun terakhir pengguna internet dan smartphone di Indonesia bertambah begitu banyak, sehingga menjadi sebuah fenomena dan menjadi sebuah peluang di dalam bidang financial technology yang disebut sebagai mobile payment atau alat pembayaran menggunakan smartphone. Dari beberapa aplikasi mobile payment yang ada konsumen tentu memiliki hal-hal yang mempengaruhi mereka untuk menggunakan aplikasi tersebut mulai dari kegunaan aplikasi, kemudahan aplikasi, risiko penggunaan, dan kepercayaan akan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah persepsi kegunaan berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan OVO. (2) Mengetahui apakah persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan OVO, (3) Mengetahui apakah risiko berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan OVO, (4) Mengetahui apakah kepercayaan berpengaruh terhadap minat konsumen menggunakan OVO. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan kuisioner sebagai perantara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yang dilakukan dengan anaisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS Ver. 21 for Windows. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebagian besar dari konsumen OVO berjenis kelamin wanita (60%) dengan usia konsumen berkisar antara 17-22 tahun (27.3%) dan mayoritas bekerja sebagai pelajar/mahasiswa (29.1%). Berdasarkan hasil analisis, dapat dinyatakan bahwa (1) Persepsi kegunaan memiliki pengaruh yang signfikan dan positif terhadap minat konsumen menggunakan OVO sebagai alat pembayaran (2) Persepsi kemudahan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat konsumen menggunakan OVO sebagai alat pembayaran (3) Risiko memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap minat konsumen menggunakan OVO sebagai alat pembayaran (4) Kepercayaan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap miant konsumen menggunakan OVO sebagai alat pembayaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Perilaku Konsumen; Uang Elektronik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HH Accounting (General) H Social Sciences > HG Finance |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 02:58 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 02:58 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/564 |
Actions (login required)
View Item |