Efektivitas Word of Mouth Terhadap Pembentukan Brand Awareness Batik Keris Pada Pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara / Feren Felicia / 61150452 / Pembimbing : Siti Meisyaroh

Felicia, Feren (2019) Efektivitas Word of Mouth Terhadap Pembentukan Brand Awareness Batik Keris Pada Pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara / Feren Felicia / 61150452 / Pembimbing : Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
COVER.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRACT INGGRIS.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB III.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
SCAN ORIGINALITAS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Batik Keris merupakan perusahaan batik hasil karya dalam negeri khas Indonesia yang telah berpengalaman puluhan tahun, bahkan penjualannya hingga sampai ke mancanegara dan terus berkembang sampai sekarang. Namun, saat ini tren fashion senantiasa berputar mengikuti perkembangan zaman. Budaya tradisional mulai luntur karena efek modernisasi akibat pengaruh budaya luar yang masuk dan berkembang di Indonesia, salah satunya adalah budaya batik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah word of mouth efektif terhadap pembentukan brand awareness seseorang ketika melakukan pembelian busana, khususnya busana batik. Teori Stimulus Respons (S – R) merupakan teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui efek yang ditimbulkan terhadap pesan yang disampaikan (stimulus) sehingga timbul perubahan sikap (respons). Peneliti menggunakan berbagai konsep diantaranya adalah komunikasi pemasaran serta IMC. Pada penelitian ini, variabel word of mouth memiliki lima dimensi yaitu talkers, topics, tools, taking part, dan tracking. Sedangkan, variabel brand awareness memiliki empat dimensi diantaranya top of mind, brand recall, brand recognition, dan unware of brand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada 120 pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara. Hasil kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan software statistic, yaitu SPSS 22.0. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat efek word of mouth talkers, topics, tools, taking part, dan tracking yang berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness Batik Keris pada pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan data responden secara keseluruhan. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat komunikasi yang efektif secara langsung dengan menggunakan word of mouth dalam pembentukan brand awareness Batik Keris pada pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading di Jakarta Utara, karena orang sudah mengetahui brand tersebut serta dapat menjelaskan toko Batik Keris di dalam Summarecon Mall Kelapa Gading.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Merek Dagang; Word of Mouth; Batik Keris
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:27
Last Modified: 18 Jun 2020 07:16
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item