Azharia, Regina (2019) Pengaruh Keterlibatan Konsumen Online (Sense of Virtual Community) terhadap Keterlibatan Konsumen Online (Online Consumer Engagement Female Daily Network) / Regina Azharia / 26150376 /Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
COVER.docx - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf - Accepted Version Download (377kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version Download (141kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.docx - Accepted Version Download (128kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (105kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx - Accepted Version Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx - Accepted Version Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx - Accepted Version Download (41kB) |
|
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II .docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
BAB III.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (135kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
Abstract
Pemasaran pada jaman ini telah mengalami perubahan customer path dari komunikasi massal, menjadi komunikasi dua arah. Perusahaan sudah tidak lagi berfokus memberikan informasi kepada para pelanggan, namun juga berfokus kepada bagaimana caranya pelanggan menggapai perusahaan, serta bagaimana para pelanggan saling berinteraksi satu sama lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan kekuatan komunitas online. Salah satu perusahaan yang sukses dalam mengelola komunitas online sehingga mampu meningkatkan keterlibatan komunitas secara online adalah Female Daily Network. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti terlebih lanjut tentang Sense of Virtual Community terhadap Online Consumer Engagement pada Female Daily Network. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah pengertian Komunitas Online, Sense of Community, Sense of Virtual Community dan dimensinya, serta Online Consumer Engagement. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sense of Virtual Community, yang memiliki dimensi yaitu Reciprocal Involvement, Basic Trust for Others, Common Purpose, dan Shared History. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Online Consumer Engagement. Objek dari penelitian ini adalah Female Daily Network sebagai platform kecantikan online. Metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan sampel yang diambil adalah sebanyak 150 sampel, dengan kriteria sampel para member Female Daily Network yang memiliki Beauty ID, berumur minimal 15 tahun, serta mengunjungi platform Female Daily Network setidaknya 1 (satu) kali selama 6 bulan terakhir. Pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling yaitu judgment sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Reciprocal Involvement, Common Purpose, dan Shared History, memiliki cukup bukti terdapat hubungan positif signifikan terhadap Online Consumer Engagement di Female Daily Network. Common Purpose merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang paling besar terhadap Online Consumer Engagement dibandingkan variabel lainnya. Sedangkan Basic Trust for Others tidak memiliki cukup bukti berpengaruh positif signifikan terhadap Online Consumer Engagement Female Daily Network. Untuk meningkatkan kualitas layanannya Female Daily perlu banyak memperbaharui layanan berupa rekomendasi produk yang lebih baik serta pemberian informasi kecantikan yang akurat dan bermanfaat sebab faktor tersebut merupakan pendorong terbesar terjadinya keterlibatan konsumen di komunitas Female Daily.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HH Accounting (General) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 02:51 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 02:51 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/316 |
Actions (login required)
View Item |