Budiono, Candra (2021) Pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap minat menggunakan E-money Mandiri di Cibubur selama pandemi covid-19 / Candra Budiono / 23170029 / Pembimbing: Tumpal J.R. Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (549kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (785kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (555kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (604kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (460kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (821kB) |
Abstract
Seiring perkembangan jaman, keinginan dan kebutuhan konsumen wants and needs semakin beragam. salah satunya Perkembangan teknologi informasi yang membawa perubahan besar, khususnya selama pandemic covid-19. Pembayaran awalnya berupa uang tunai cash sekarang sudah digantikan dengan pembayaran digital online. Disamping itu, terdapat kemudahan yang diterima oleh masyarakat maupun pengguna dalam bertransaksi. sehingga kepercayaan dan kemudahan dapat terciptanya minat menggunakan terhadap produk atau jasa. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi, dimensi dan indikator yang berhubungan dengan kepercayaan, kemudahan dan minat menggunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei dan metode kausal-prediktif. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengambilan data sebanyak 30 responden untuk uji validitas dan uji reliabilitas. Lalu, sebanyak 100 responden untuk uji rata-rata, rentang skala, analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan pendekatan sampling purposive. Data ini diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 24. Output yang dihasilkan menunjukkan bahwa nilai (Sig). kepercayaan 0,001 < 0,05 dimana kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan dan nilai (Sig) kemudahan 0,0005 < 0,05 sehingga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan. Kepercayaan terdiri dari tiga dimensi yaitu Integritas Integrity, Kebaikan Benevolence dan Kompetensi Competence. Sedangkan kemudahan terdiri dari empat dimensi yaitu mudah dimengerti Clear and Understandable, tidak membutuhkan banyak usaha Does not require a lot of mental effort, mudah digunakan Easy to use dan mudah mengoperasikan Easy to get the system to do what he/she wants to do. Dan minat menggunakan terdiri dari tiga dimensi yaitu Minat transaksional, Minat referensial dan Minat eksploratif. Objek penelitian ini adalah pengguna yang pernah maupun menggunakan produk Emoney Mandiri.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik komunikasi dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Penulis menggunakan Google Forms, dimana para responden dapat mengisi kuesioner secara online. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji analsis regresi linier berganda. Alat bantu yang digunakan untuk menganalisis data adalah SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan responden setuju bahwa produk E-money Mandiri memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan kepercayaan menggambarkan bahwa produk E-money Mandiri tersebut aman sehingga terjadinya minat menggunakan. penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kepercayaan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, variabel kepercayaan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan E-money Mandiri di Cibubur selama pandemi covid-19.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhan konsumen; uang tunai; E-money Mandiri; Kepercayaan; Integritas Integrity; Kebaikan Benevolence; Kompetensi Competence; Pandemi Covid 19 |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Market Research |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 07:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 07:51 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3182 |
Actions (login required)
View Item |