Mediasi Attitude Toward Usage dalam Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Trust terhadap Behavioral intention pada Mobile Banking Bank Central Asia (BCA) / Wendy Dwi Putra / 24150042 / Pembimbing: Dergibson Siagian

Putra, Wendy Dwi (2019) Mediasi Attitude Toward Usage dalam Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Perceived Trust terhadap Behavioral intention pada Mobile Banking Bank Central Asia (BCA) / Wendy Dwi Putra / 24150042 / Pembimbing: Dergibson Siagian. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
Cover.docx - Accepted Version

Download (19kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf - Accepted Version

Download (508kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
Abstrac Inggris.docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx - Accepted Version

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Tabel.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Gambar.docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.docx - Accepted Version

Download (19kB)
[img] Text
Bab I.docx - Accepted Version

Download (38kB)
[img] Text
Bab II.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
Bab III.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Bab IV.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Bab V.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx - Accepted Version

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
Lampiran (Kartu Proses Bimbingan).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SCAN ORIGINALITAS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
Resume Karya Akhir.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Bank merupakan sarana intermediasi dalam hal keuangan dan berfungsi dalam menunjang kegiatan sistem pembayaran dalam ekonomi. Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank yang meluncurkan aplikasi mobile banking untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Namun di sisi lain aplikasi mobile banking belum digunakan secara merata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Mediasi Attitude Toward Usage dalam Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Trust terhadap Behavioral Intention pada Mobile Banking Bank Central Asia (BCA). Teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi dari perceived usefulness, perceived ease of use, perceived trust, attitude toward usage, dan behavioral intention. Kemudian penelitian ini juga didukung oleh teori-teori mengenai hubungan perceived usefulness dengan attitude toward usage, hubungan perceived ease of use dengan attitude toward usage, hubungan perceived trust dengan attitude toward usage, hubungan perceived usefulness dengan behavioral intention, hubungan perceived ease of use dengan behavioral intention, hubungan perceived trust dengan behavioral intention, hubungan attitude toward usage dengan behavioral intention. Objek penelitian ini adalah aplikasi mobile banking Bank Central Asia (BCA). Metode pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan metode komunikasi dengan kuesioner secara online dan untuk penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik judgement sampling. Oleh sebab itu, kuesioner online disebarkan melalui media Google Docs sebanyak 125 responden yang menggunakan aplikasi mobile banking Bank Central Asia (BCA). Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah Structural Equation Modelling (Model Persamaan Struktural) dengan menggunakan WarpPls 5.0 dan SPSS 20.0. Hasil yang dihasilkan menunjukkan bahwa perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward usage, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward usage, perceived trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward usage, perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap behavioral intention, perceived ease of use secara langsung berpengaruh terhadap behavioral intention, namun berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung, perceived trust secara langsung berpengaruh terhadap behavioral intention, namun berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung, attitude toward usage berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Simpulan dari penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada telah terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, kecuali perceived ease of use dan perceived trust terhadap behavioral intention, harus melalui attitude toward usage.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Keuangan; Perilaku Konsumen; Mobile Banking
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:45
Last Modified: 06 Jul 2020 04:45
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item